Ukuran Tensi Normal Berbeda di Setiap Usia

Dipostkan oleh : dr. I Gusti Ngurah Putra Eka Santosa
Waktu Post: 27 Sep 2016 01:06

Berapa Tensi Normal Untuk Kakek Saya? 

Hipertensi adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatkan tekanan darah yang disebabkan berbagai faktor, diantaranya usia, stres, ganguan tiroid, penyakit kronis lain seperti Diabetes Militus, Obesitas, dan gaya hidup modern. 

Mengukur Tekanan Darah 

Kekuatan darah dalam menekan dinding arteri ketika dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh menentukan ukuran tekanan darah. Tekanan yang terlalu tinggi akan membebani arteri dan jantung Anda, sehingga pengidap hipertensi berpotensi mengalami serangan jantung, stroke, atau penyakit ginjal.

Pengukuran tekanan darah dalam takaran merkuri per milimeter (mmHG) dan dicatat dalam dua bilangan, yaitu tekanan sistolik dan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan darah saat jantung berdetak memompa darah keluar. Sedangkan tekanan diastolik merupakan tekanan darah saat jantung tidak berkontraksi (fase relaksasi) . Saat ini darah yang baru saja dipompa keluar jantung (tekanan sistolik), berada di pembuluh arteri dan tekanan diastolik juga menunjukkan kekuatan dinding arteri menahan laju aliran darah.

Tekanan darah Anda 130 per 90 atau 130/90 mmHG, berarti Anda memiliki tekanan sistolik 130 mmHg dan tekanan diastolik 90 mmHg. Angka normal tekanan darah adalah yang berada di bawah 120/80 mmHG.

Anda akan dianggap mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi jika hasil dari beberapa kali pemeriksaan, tekanan darah Anda tetap mencapai 140/90 mmHg atau lebih tinggi. 

Bagaimana Mengukur Tekanan Darah Yang Benar?

Mengukur Tekanan Darah dengan benar sering diabaikan , mengingat pengukuran tekanan darah adalah pemeriksaan dasar yang dilakukan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama, anda dapat membaca nya dengan mengunjungi situs Tips Mengukur Tekanan Darah Yang Benar

Dalam melakukan pelayanan di tingkat primer seringkali kami mendapat pertanyaan, berapa ukuran tensi normal untuk pasien. Karena ada pasien yang berusia 64 tahun jika tensinya TD Sistole kurang dari 130 mmHg malah pusing. JNC 8 telah memberi sebuah acuan target sistole dan diastole sesuai usia pasien. Untuk usia diatas 60 tahun, target sistole adalah kurang dari 150 mmHg dan target diastole adalah kurang dari 90 mmHg, Anda bisa melihatnya pada gambar.

Tetap jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat, relaksasi dan istirahat yang cukup, dan hindari makanan yang mengunakan minyak trans.

Upcoming Events
  • Tidak ada event
Jejaring Kami :
Copyright © Klinik Damar 2015 - All Rights Reserved